Cendana / Santalum Album / Sandalwood

Senin, 25 Januari 2016

Biji Tasbih Cendana Eksis Ribuan Tahun Memancarkan Aura



Kawan, sudah tahukah kalian kalau biji tasbih adalah alat ibadah yang bertahan kira-kira 18 abad? Inilah fakta-fakta unik di balik keeksisan biji tasbih.

1.      Dikenal Ribuan Tahun, Biji Tasbih Punya Banyak Nama
Biji tasbih rupanya merupakan alat ibadah universal. Banyak sekali agama-agama besar yang menggunakannya, bahkan sejak Islam belum lahir. Ini juga berarti bahwa berhitung dengan biji tasbih bukanlah budaya asli umat Islam. Loh, tapi tasbih kan identik dengan Islam? Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, karena kata ‘tasbih’ sendiri merupakan nama sebuah dzikir (do’a) umat Islam. Nama lain yang lebih dikenal dalam bahasa Arab adalah Misbahah atau Shubah. Bahasa Urdu menyebutnya “Tasbeeh”, sedangkan Albania, Turki, dan Bosnia menyebutnya “Tespih”.
            Agama tertua yang diduga pertama kali menggunakan biji tasbih adalah Hindu dan Budha sebagaimana bukti arkeologis yang ditemukan. Umat Hindu dan Budha menyebutnya dengan nama ‘Juzu’, ‘Nenju’, ‘Zhu Shu’, dan ‘Japa Mala’. Umat Kristiani menyebutnya dengan nama lain, yaitu ‘Biji Rosario’, ‘Komboskini’, ‘Rosario Byzantin’, ‘Chotki’, ‘Matanie’, ‘Rosario Santa Brigitta’, ‘Rosario Angklikan’, ‘Rosario Fralsarkransen’, dan lain-lain. Kesemuanya mengacu pada sebuah untaian biji-bijian atau manik-manik sesuai dengan kebutuhan dalam berdoa di masing-masing agama. Jadi, secara umum biji tasbih adalah alat penghitung do’a yang berbentuk untaian biji-bijian atau manik-manik.

2.      Merupakan Alat Ibadah Universal, Lantas Bagaimana Hukum Biji Tasbih
Berdzikir denganmenggunakan biji tasbih merupakan hal yang menuai kontroversi dalam agama Islam. Sebagian ulama mengharamkan, sebagian lain menghukumi mubah dan makruh. Selisih pendapat itu terjadi akibat perbedaan cara tafsir pada beberapa hadist, salah satunya sebagai berikut:
Hadist Shafiyah binti Hayyi (istri Rosullullah SAW) yang arinya, “Dari Kinanah budak Syafiyah berkata, saya mendengar Shafiyah berkata: Rosullullah pernah menemuiku dan di tanganku ada empat ribu nawat (biji kurma) yang aku pakai untuk menghitung dzikirku. Aku berkata, “Aku telah bertasbih dengan ini.” Rosullullah bersabda, “Maukah aku ajari engkau (dengan) yang lebih baik dari pada yang engkau pakai bertasbih?” Saya menjawab, “Ajarilah aku,” maka Rosulullah bersabda, “Ucapkanlah: سُبْحَانَ اللَّهِ عَدَدَ خَلْقِهِ. (Maha Suci Allah sejumlah apa yang diciptakan oleh Allah dari sesuatu).”
Sebagian ulama menafsirkan hadist di atas sebagai bukti tidak dilarangnya penggunaan biji tasbih. Sebagian lain menafsirkannya sebagai bukti bahwa ada cara berdzikir yang lebih baik dari pada menggunakan biji tasbih. Sebagian menafsirkannya lain lagi, yaitu menganggap hadist di atas sebagai bukti tidak disukainya berhitung dengan biji tasbih oleh Rosullullah SAW.
Penulis punya gambaran lain tentang fenomena ini, contohlah olah raga menggunakan alat dan olah raga tanpa alat. Olah raga menggunakan alat membutuhkan biaya yang lebih besar dan tempat khusus, namun hemat waktu dan lebih mudah dilakukan. Lain halnya dengan olah raga tanpa alat yang dapat dilakukan di mana saja dan tidak membutuhkan biaya, namun butuh waktu lama dan lebih sulit dilakukan. Sebagian orang menilai olah raga dengan alat hanyalah bentu kekinian orang-orang pemalas yang ingin badan sekal secara instan. Bagi sebagian orang lain, olahraga dengan alat adalah bentuk kemudahan di tengah padatnya aktivitas. Hal terpenting yang dimaksudkan penulis adalah niat. Jika berdzikir dengan tujuan memudahkan mengetahui jumlah dzikirnya sesuai amalan yang ingin dilakukan, tentu itu adalah niatan baik. Namun, jika ditujukan untuk memamerkan jumlah dzikirnya, tentu itu adalah niatan yang tidak baik.

3.      Biji Tasbih Tertentu Dapat Meningkatkan Aura
Beberapa pendapat menafsirkan aura sebagai daya tarik seseorang yang terpancar dari diri seseorang. Pancaran ini adalah cahaya halus dalam diri orang tersebut yang merupakan wujud batinnya. Aura dapat menyebabkan seseorang disukai, dihormati, bahkan dijauhi, karena aura memiliki wujud baik dan buruk. Aura baik hanya dapat dimunculkan dengan perilaku-perilaku baik dan kedamaian batin. Salah satunya dengan cara berdzikir secara khusyuk. Kekhusyukan ini dapat diperoleh dengan menciptakan suasana batin yang nyaman melalui lingkungan yang kondusif untuk berdzikir. Yaitu, menciptakan tempat dengan warna, nada, aroma, dan suasana yang membuat hati nyaman.
Pemilihan biji tasbih pun menjadi faktor penting untuk memperoleh kenyamanan. Biji tasbih dari kayu cendana merupakan biji tasbih yang pas untuk digunakan. Aroma wanginya yang khas dapat membuat seseorang rileks. Berdasarkan riset, hal ini dikarenakan kayu cendana memiliki sifat anti-depresan. Oleh karena itu, orang yang mencium aroma kayu cendana tingkat kecemasan, stres, dan depresinya dapat berkurang bahkan hilang. Kayu cendana terbaik adalah yang didatangkan dari NTT. Kayu cendana ini konon mampu menyimpan wanginya hingga berabad-abad. Tak ayal lagi jika sejak zaman awal dikenalnya biji tasbih, kayu cendana juga merupakan salah satu bahan yang diminati. Bahkan perdagangan kayu cendana sudah terjadi sejak sebelum biji tasbih dikenal.
Mau mencoba bisnis tasbis dari kayu cendana!! Buruan order "Kayu Cendana NTT" hanya disini!!! Untuk Info klik disini.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *